News

Kamis, 15 Agustus 2019

Santri PPMKH3 Mengikuti Studi Banding Kampus ke Singapura

Andik Kurniawan Santoso menikuti Studi Banding Kampus ke Singapura

Andik Kurniawan Santoso, salah satu santri PPM Khoirul Huda 3 berhasil mendapatkan kesempatan emas mengikuti studi banding yang diselenggarakan kampusnya (ITS) ke Universitas terbaik kedua dan ketiga di Asia yaitu National University of Singapore (NUS) dan Nanyang Technological University (NTU) di SIngapura pada 6 - 10 Agustus 2019.

Selama lima hari di Singapura tersebut dia tidak hanya berkunjung dan belajar ke universitas-universitas di sana, namun juga dia berkesempatan mengelilingi Singapura. Saat ditanya mengenai luas SIngapura, dia mengatakan bahwa luas Singapura masih lebih kecil daripada Surabaya bahkan waktu tempuh kita mengelilingi Singapura tak lebih lama dengan kita berkunjung ke Malang dari Surabaya.

Dia menceritakan bahwa hidup di negara maju memang sangat berbeda dengan negara berkembang. Di negara maju, masyarakatnya sangat disiplin dibandingkan negara berkembang. Namun ada suatu hal yang mencolok baginya, karena menurutnya makanan termurah yang ia jumpai disana harganya tak kurang dari SGD 5 atau sekitar Rp. 50.000, "Makanan disana mahal sekali makan paling murah 5 dollar Singapura untung nemu tempat jujukan disana" ujar Andik.

Saat ditanyai mengenai proses seleksinya dia menuturkan bahwa banyak tes seleksi yang harus ia jalani mulai dari Tes TOEFL yang harus meningkat minimal 50 poin skornya daripada Tes TOEFL sewaktu maba, Duolingo, hingga mengajari staff karyawan di ITS berbahasa inggris yang baik dan benar. Saat ditanya mengenai motivasinya mengikuti seleksi ini, dia menuturkan bahwa motivasi terbesarnya adalah mimpinya bisa jalan-jalan gratis ke luar negeri, "Alhamdulillah berawal dari mimpi, Allah beri jalan untuk jalan-jalan gratis kesana" ujar Andik.

Banyak sekali hal berkesan yang ia jumpai disana, mulai dari pengalamannya bisa ke tempat jujukan, berkunjung ke Universal Studio Singapore, Merlion Park, bahkan dia berkesempatan mengikuti kegiatan National Day Parade (NDP) 2019 atau Hari Jadi Singapura langsung di lokasi utamanya.

Andik berpesan kepada teman-temannya agar tidak membatasi dirinya dalam mengikuti kesempatan-kesempatan yang ada di kampus, atur manajemen waktu sebaik mungkin, serta jangan takut untuk bermimpi setingi-tingginya.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Berkomentarlah sebijak mungkin.
Komentar tidak pantas akan di hapus oleh admin.